BAHAN :

Beras merah

ALAT :

3 buah mangkok

Cobek dan ulekan batu

Saringan kawat

Saringan plastik

Sendok

Plastic scrapper

Wajan besi

Spatula besi

Wadah kedap udara

CARA MEMBUAT TEPUNG BERAS MERAH :

Rendam beras merah di dalam mangkok selama 24 jam pada suhu ruang.

Cuci bersih beras dari air rendaman lalu tiriskan hingga kering, bisa diangin-anginkan di atas saringan kawat lalu dijemur sebentar atau dikeringkan.

Beras yang jadi serbuk disendok ke mangkok kering dan bersih, lalu lanjutkan menumbuk 1 sendok beras lagi. ulangi hingga beras yang utuh habis seluruhnya selesai ditumbuk

Beras yang sudah jadi serbuk diayak dengan saringan plastik ditadahi mangkok baru yang bersih, beras yang tidak tersaring oleh ayakan bisa disisihkan ke mangkok lain untuk ditumbuk lagi lalu disaring kembali, dan kemudian dibersihkan saja dari beberapa kulit ari beras yang pecah lalu disangrai terpisah dari beras yang halus. Sebenarnya tidak usah diayak juga boleh biar ada sedikit tekstur.

Sangrai tepung beras di atas wajan besi dengan spatula besi. Kenapa menggunakan peralatan masak yang serba besi lebih baik? Karena menurut Kellymom.com dan buku Sehat Lezat: Olah Saji oleh dr. Tiwi, makanan dengan sumber zat besi yang non-heme (nabati) bisa menjadi lebih mudah diserap jika diolah dengan peralatan masak dari besi. Sangrai hingga kering tapi jangan sampai merubah warna tepung beras.

Setelah disangrai biarkan tepung beras dingin sebelum dimasukkan ke wadah kedap udara.

Hasilnya, dapat 2 tekstur tepung beras : tepung beras yang halus dan yang agak kasar.

Kemudian untuk lebih awet, tepung beras merah, di keringkan kembali dengan di jemur/ di oven.

Tapi sobat tidak perlu ribet, tinggal hubungi www.sumberorganik. Id   sobat sudah bisa mendapatkannya untuk beberapa kali konsumsi. Proses pemesanannya juga ngak ribet lo sobat.

Open chat
1
Halo.. Chat saya untuk bantuan atau pemesanan.
Powered by