Yuk obati kanker dengan beras hitam…

Kanker, dengarnya saja kita sudah ngerikan ?.. karena kanker ini adalah penyakit mematikan. seperti banyak kita lihat atau dengar di berita yang menyebutkan bahwa kanker merupakan salah satu penyakit mematikan.

Kanker sendiri ada beberapa macam seperti kanker paru-paru. Mayorita penderitanya mengetahui kondisi tersebut terlambat dan kanker sudah menyebar kebagian tubuh lainnya. Penyebab utama kanker paru-paru ini adalah terekspos asap tembakau untuk jangka panjang, sekitar 80-90%. Tetapi mereka yang tidak merokok juga 10-15% terkena karsioma paru-paru, hal ini terjadi karena ia sering terkena asap rokok dari orang sekitarnya.

Kanker usus besar

(Kolorektal),ada 6 faktor utama yang menyebabkan kanker usus besar yaitu pola makan, obesitas, kurangnya aktivitas fisik, dan merokok, mengkonsumsi daging merah berlebihan serta minum alkohol yang berlebihan

Kanker prostat, seperti halnya kanker payudara pada perempuan, kaum pria sebaiknya waspada dengan kanker prostat. Jenis penyakit ini memiliki gejala yang nyata seperti merasa kesulitan saat buang air kecil atau sakit pinggul dan punggung.

Leukimia (kanker darah). Penyakit ini akan mempengaruhi tulang sumsum yang bertanggung jawab atas formasi sel darah putih yang sehat. Leukimia memicu produksi sel darah putih yang tidak berkembang sehingga terjadi pendarahan, memar, kelelahan dan beresiko lebih besar terkena infeksi.

Kanker pankreas- pankreas adalah organ tubuh yang terletak di belakang lambung. Kadang terjadi pertumbuhan abnormal pada sel di pankreas yang menyebabkan kanker pankreas. Jenis kanker ini mematikan, karena hampir tidak ada gejalanya di tahap awal penyakit dan saat menjalar ke bagian tubuh lain.

Mesothelioma adalah tipe kanker yang langka. Sel mesothelium, jaringan lapisan yang berfungsi sebagai pelindung organ internal tubuh, akan terpengaruh. Akibatnya, bisa merambah ke berbagai organ tubuh sekaligus. Penyebab utama mesothelioma adalah asbestos.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Zanuar Abidin (Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya) yang menyatakan bahwa beras hitam mampu menyembuhkan penyakit kanker, karena ekstrak etanol beras hitam (Oryza sativa L. Indica) mengandung senyawa antosianin yang mempunyai efek sitotoksik terhadap kanker (Sadeghi- Aliabadi et al. 2012, Lewandowska et al. 2014). Antosianin juga dapat menurunkan aktivitas protein siklin, NF-κB, dan AP1. Ekstrak etanol beras hitam (Oryza sativa L. Indica) juga mengandung senyawa fenol yang dapat mencegah pertumbuhan kanker karena dapat menurunkan aktivitas siklin dan menghambat jalur ERK, JNK, MAPK, NF-

Makanan Yang Wajib di Konsumsi Komunitas Gym

Makanan Yang Wajib di Konsumsi Komunitas Gym – Anda sedang melakukan olahraga fitness atau gym? Berarti Anda harus juga mengetahu asupan nutrisi atau makanan yang wajib di konsumsi agar goal fitness Anda berhasil. Bagi Anda yang menginginkan tubuh kembali berenergi serta tubuh berotot lebih cepat, pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang tepat usai berolahraga. Pastikan pula makanan yang dikonsumsi berkualitas agar tubuh tak merasakan resiko kesehatan yang mengancam.

Rasa pegal dan lemas setelah melakukan olahraga gym ini memang menjadi hal yang lumrah. Itu semua di sebabkan karena otot – otot yang tegang, terlebih kalau Anda baru sebagai pemula. Jadi di sarankan Anda untuk mengkonsumsi makanan yang tepat agar lemas dan pegal – pegal tersebut bisa hilang. terlebih dengan asupan yang tepat tubuh Anda juga lebih berotot dengan cepat.

Dalam bebarapa kasus program latihan fitness yang dilakukan tanpa diimbangi dengan pola makan yang baik akan berakibat pada turunnya kesehatan. Mengapa demikian? Karena  tubuh Anda dipaksakan berlatih dan butuh nutrisi tinggi karena fitness akan menguras cukup banyak energi. Dengan demikian penerapan pola makan terbaikpun dibutuhkan untuk dukung program latihan Anda.

Kini saya akan infokan makanan apa saja yang tepat di konsumsi usai melakukan olahraga fitnes, Yuk simak berikut ini

Makan Fitness Terbaik

Beberapa menu makanan dalam pola makan untuk membentuk otot sebelum fitnes adalah sebagai berikut :

Karbohidrat : Kentang, beras merah, ubi ubian, gandum, oats, sereal, dan roti gandum.

Protein : Putih telur, daging, yogurt, daging ikan, susu protein (whey).

Lemak : Untuk menambah lemak gunakan sedikit minyak pada menu makanan anda.

Buah dan Sayur : Sayuran hijau, kacang kacangan, dan buah buahan tropis.

Setelah menjalankan program latihan fitnes, maka tubuh perlu asupan nutrisi untuk mengembalikan energi yang terkuras habis. Pola makan untuk membentuk otot setelah melakukan program latihan adalah sebagai berikut :

Karbohidrat dan lemak : Buah alpukat, keju, kacang kacangan, mayonaise, minyak kelapa (secukupnya saja).

Protein : Daging, putih telur, daging ikan, ikan yang mengandung minyak, yogurt.

Buah dan Sayur : Strawberry, blueberry, sayuran hijau, apel dan sebagainya.

  • Nasi Merah

Asupan karbohidrat untuk menambah energi yang tepat selain kentang yaitu nasi, lebih tepatnya dengan nasi merah. Nasi merah yang diolah dari beras merah kaya akan vitamin, serat namun rendah gula. Menariknya, nasi merah juga kaya antioksidan yang baik untuk pemulihan otot.

  • Dada Ayam

Dada ayam merupakan sumber protein yang baik sehingga mendukung pertambahan masa otot. Namun, Anda perlu mengombinasikannya dengan sayuran segar seperti wortel atau sawi.

  • Blueberry

Mengandung banyak antioksidan, blueberry mampu memulihkan otot setelah latihan. Oleh karenanya, mengkonsumsi blueberry segera setelah latihan dapat membuat tubuhnya segar lebih cepat.

  • Sayuran

Bukan rahasia lagi jika sayuran merupakan menu yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk juga untuk otot. Sayuran hijau mengandung banyak antioksidan yang akan membuat tubuh lebih bugar.

  • Infused Water

Sesuadah melakukan olahraga ini pastinya Anda merasakan haus. Minum air putih memang sangat baik. Tetapi saya ada saran Anda juga mengkonsumsi infused water. Pastikan infused water ini meenggunakan air yang biasa jangan yang air dingin. Kenapa? jika dengan air dingin justru akan membuat ketegangan otot, makanan sulit dicerna tubuh, sering buang air kecil hingga hyponatermia yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

Pola makan untuk orang fitnes atau Gym

Perhatikan Jam Makan

Salah satu aturan paling penting dalam nutrisi untuk fitnes adalah tidak makan berlebihan di malam hari. Bila hasil fitnes yang Anda inginkan adalah bentuk tubuh indah, bugar dan berat badan berkurang, maka Anda harus memerhatikan makan malam Anda.

Berikan nutrisi pada tubuh kita dengan makan makanan ringan atau makanan kecil setiap hari secara teratur untuk menjaga dan mengatur kadar gula yang terdapat dalam darah agar tetap terkontrol. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan metabolisme tubuh dan menstimulasi perkembangan massa otot.

Kurangi makan makanan olahan

Tips pola makan untuk membentuk otot selanjutnya adalah mengurangi makan makanan olahan. Hal ini disebabkan karena pada makanan olahan yang kita jumpai di minimarket, atau makanan dalam kotak memiliki nutrisi yang kurang atau bahkan telah rusak. Akan lebih baik jika kita makan makanan segar dan sehat seperti buah buahan dan sayuran. Selain itu pola makan untuk membentuk otot yang baik adalah dengan menambah protein, karbohidrat serta mengurangi lemak. Sangat disarankan untuk makan makanan olahan yang segar (buatan sendiri) dibandingkan membeli.

Perbanyak Konsumsi Protein

Bila Anda ingin berolahraga, maka Anda memerlukan otot yang kuat. Untuk mendapatkan otot kuat, Anda harus mencukupi asupan protein. Jika Anda ingin fitnes di pagi hari, santaplah protein di malam sebelumnya. Bila ingin berolahraga di siang hari, maka asupan protein harus Anda perbanyak saat sarapan. Sementara jika fitnes menjelang sore atau malam, Anda harus mengonsumsi protein sebelum dan setelahnya.Protein sehat bisa Anda dapat dari telur, kacang-kacangan, daging dan ikan.

Konsumsi karbohidrat

Untuk menyempurnakan pola makan untuk membentuk otot dengan cepat kita juga harus memperhatikan kebutuhan karbohidrat. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah jagung, kentang, oathmeal, nasi merah dan sebagainya. Kunci utama dalam mengkonsumsi karbohidrat adalah dengan mengkombinasikan kedua jenis karbohidrat dengan tepat. Seperti contoh makan nasi putih sebelum fitnes, lalu setelah fitnes dilanjutkan makan buah alpukat.

Nah itu dia beberapa makanan dan pola makan yang tepat yangharus di konsumsi yang sedang latihan Fitnes atau Gym. Semoga bermanfaat ya. Semangat berolahraga semoga sukses dalam goal fitness nya.

Terlalu Kurus? Makan Beras Merah Saja

Terlalu kurus?

Terlalu Kurus? Makan Beras Merah Saja- Pernahkah Anda atau bahkan mungkin sekarang Anda terlalu kurus? Berat badan Anda kurang ideal. Sehingga penampilan Anda seperti kurang makan atau kelaparan. Walaupun sudah pakai baju keren, sayangnya bentuk tubuh yang terlalu kurus membuat Anda menjadi kurang percaya diri. Jika pernah, simak yang satu ini. Informasi ini sangat penting untuk Anda!

Sejak SD kita sudah diperkenalkan dengan vitamin sebagai mikronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada banyak jenis vitaminVitamin C adalah yang paling terkenal di antara vitamin-vitamin yang lain. Namun, Kami ingin berbagi informasi tentang Vitamin B dan hubungannya dengan Berat Badan. Vitamin B ini sangat banyak terkandung pada lapisan bekatul atau aleuron Beras Merah Organik Eka Farm. Oleh karena itu Eka Farm menyediakan Beras Merah yang masih utuh dan Beras Merah yang dibuat menjadi sereal, Red Fit.

Pernah konsumsi vitamin B kompleks?

Suplemen Vitamin B kompleks paling tidak terdiri dari 6 jenis Vitamin B, yaitu B1, B2, B3, B5, B6 dan B12. Kalau di dalam kandungan Beras Merah mengandung 5 jenis vitamin B, yaitu B1, B2, B3, B6 dan B12. Selain Vitamin B, Beras Merah juga mengandung  A, C, D, E & K. Beras merah juga mengandung Asam Folat, choline, inositol, biotin, kalsium, magnesium, potassium, phosphorus, zat besi, zinc, manganese, tembaga, iodine, chloride, chromium, selenium, CoQ10, tocopherols, tocotrienols, xanthophyls, lutein, lycopene, oryzanol, b-sistosterol, Flavonoid Asam Ferulic, glutathione, lipoic acid dan masih banyak zat gizi yang belum teridentifikasi.

Vitamin B sangat erat berhubungan dengan Berat Badan seseorang. Baik untuk meningkatkan Berat Badan penderita underweight agar menjadi ideal, maupun baik untuk menurunkan Berat Badan penderita overweight agar menjadi ideal. Oleh karena itu Kami sering meresepkan Red Fit (Sereal Beras Merah) atau Beras Merah untuk yang ingin menaikkan atau menurunkan berat badan. Sebenarnya bukan masalah seberapa banyak turun atau naiknya, tetapi bagaimana tubuh diberi asupan nutrisi yang seimbang agar secara alami mencapai berat badan yang ideal. Berat badan yang ideal tentu komposisi lemak dan otot juga menjadi ideal. Jika Berat Badan ideal, tentu adalah tanda atau gejala yang baik dari sebuah metabolisme yang baik.

Memang tidak secepat obat-obatan atau suplemen sintetis yang hanya berfokus pada naik atau turunnya berat badan tanpa memperhatikan komposisi atau metabolisme tubuh. Namun, hasilnya lebih sehat dan lebih aman. Apalagi Vitamin B dan C adalah termasuk vitamin yang harus diasup setiap hari karena larut dalam air sehingga tidak dapat disimpan oleh tubuh. Disamping sehat, Anda pun mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Asyik kan?

Menambah Berat Badan

Kekurangan vitamin B1 dan B6 menyebabkan seseorang kehilangan nafsu makannya. Oleh karena itu jika Anda nafsu makan Anda berkurang lalu berdampak pada turunnya berat badan Anda, cobalah tambahkan Beras Merah pada menu Anda atau konsumsi Red Fit untuk membantu asupan vitamin B1 dan B6. Walaupun nafsu makan Anda naik, ternyata zat gizi yang lain pada beras merah membantu tubuh untuk mencukupkan makanan yang dikonsumsi. Sedangkan vitamin B2 dan B12 yang membantu tubuh berhenti makan tatkala sudah cukup gizi. Mineral seperti magnesium juga membantu sensor nafsu makan tubuh bekerja dengan normal. Ketika tubuh sehat atau normal dan dipenuhi gizinya, tubuh memberikan respon nafsu makan sesuai dengan kebutuhan. Sinyal lapar diberikan oleh tubuh kepada otak tatkala memang membutuhkan asupan makanan dan sinyal kenyang jika tubuh sudah cukup makan.

Mengurangi Berat Badan

Vitamin B2 dan B12 membantu mengatur kadar gula dalam darah. Sehingga tubuh tidak mudah merasakan lapar. Vitamin B2 dan B12 juga membantu tubuh meningkatkan energi atau sebagai booster energi. Sehingga energi dari makanan lebih efektif dan efisien, tidak boros.

Nah, asyik kan Beras Merah itu? Tidak hanya untuk yang underweight tetapi juga cocok untuk yang overweight. Kapan Anda ingin memulai membiasakan menambah Beras Merah pada menu Anda? Atau minimal konsumsi Sereal Beras Merah ala Eka Farm, Red Fit.

Gaya Hidup Sehat Penderita Maag

sumberorganik.id– Penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang mudah kambuh. Agar penyakit maag tidak meyerang setiap saat apalagi saat sedang melakukan kegiatan, maka ada beberapa tips gaya hidup sehat pengusir maag

Gaya Hidup Sehat Penderita Maag

1.Menjaga Pola Makan

Mengupayakan agar pola makan sehari-hari dilakukan secara teratur pada jam yang sama agar asam lambung tidak naik. Memperhatikan jam makan merupakan hal yang sangat penting karena penyakit maag lebih rentan muncul pada orang yang tidak memiliki jam makan yang teratur. Gaya hidup sehat pada penderita maag harus memastikan pola makan yang terdiri dari makanan yang seimbang dan menyehatkan.

2.Menjaga Porsi Makan

Porsi makan yang kecil berarti lebih sedikit makanan yang masuk ke perut pada suatu waktu, sehinga mengurangi terjadinya refluks asam lambung. Lebih baik makan sedikit namun teratur daripada makan banyak namun tidak teratur. Menjaga porsi makan ini adalah gaya hidup agar tidak makan terlalu banyak dan makan dengan terburu-buru.

3.Menghindari Makanan Dan Minuman Pemicu Sakit Maag

Makanan yang pedas merupakan makanan yang memicu terserangnya penyakit maag. Bahkan makanan dan minuman yang terlalu asam seperti kopi, alkohol maupun minuman bersoda juga akan memicu sakit maag. Jenis makanan dan minuman seperti ini snagat mudah untuk merangsang produksi asam lambung sehingga bisa menyebabkan luka pada lambung.

4.Mencukupi Kebutuhan Air Minum

Mencukupi kebutuhan air putih bagi tubuh untuk membantu tubuh tetap beraktifitas dengan maksimal dan optimal. Mengusahakan mengonsumsi 1-3 gelas air putih saat bangun tidur, sebelum makan serta sebelum tidur.

5.Mengurangi stres

Stres yang berlebihan akan menganggu pikiran seseorang sehingga akan memicu seseorang untuk tidak makan apapun karena tidak memiliki nafsu makan. Ketika tidak ada nafsu makan seperti halnya memberikan ruang untuk lambung menjadi kosong. Ketika lambung kosong maka memicu asam lambung akan naik sehingga akan menyebabkan maag.

6.Rutin Melakukan Olahraga

Gaya hidup yang terakhir ialah melakukan kegiatan olahraga yang rutin, karena tubuh yang terbiasa bergerak karena olahraga akan lebih sehat daripada yang tidak melakukan olahraga. Namun olahraga yang dijalani ringan sehingga tidak membebankan kondisi tubuh yang sudah pernah mengalami penyakit maag. Ini dapat dilakukan dengan berjalan kaki sekitar 30 menit setiap hari. Atau melakukan gerakan ringan di bawah sinar matahari saat pagi hari. Selain itu tubuh juga harus mendapatkan istirahat yang cukup yaitu sekitar 6-8 jam setiap hari.

Itulah beberapa gaya hidup untuk penderita maag agar tidak mudah kambuh sehingga dapat menjalankan segala aktivitas tanpa terhalang sakit maag.

Jenis Makanan Pendamping ASI Yang Baik untuk Bayi

Jenis MPASI – Pada saat berumur 6 bulan, fisik bayi mulai berkembang, kebutuhan nutrisinya pun ikut bertambah. Pada usia ini, bayi sudah mulai aktif bergerak, dan mengeluarkan banyak energi. Bayi akan banyak merengek karena lapar, sedang produksi ASI ibu terbatas. ASI dari ibu sudah tidak bisa untuk mencukupi rasa lapar bayi. Jika hal ini sudah terjadi, disarankan untuk ibu-ibu memberikan makanan pendamping ASI, atau MPASI.

Apa itu MPASI?

Ketika bayi berkembang, kebutuhan gizinya pun bertambah, dan ASI saja sudah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Untuk memenuhi kebutuhan gizi tersebut, maka perlu untuk memberikan MPASI atau Makanan Pendamping Air Susu Ibu. 

MPASI adalah makanan yang mudah dikonsumsi dan dicerna oleh bayi. MPASI diberikan saat seorang bayi sudah mulai aktif bergerak, mempunyai refleks lidah dengan baik, dapat menegakkan kepada secara mandiri, dan dapat duduk dengan tegak. Biasanya hal-hal tersebut dapat dilakukan bayi ketika berumur 6 bulan. Namun jika sebelum 6 bulan bayi sudah menunjukan aktivitas-aktivitas seperti yang disebutkan di atas, maka bayi sudah siap untuk diberikan MPASI. Pertimbangan lain mengenai waktu pemberian MPASI adalah sistem kekebalan dan pencernaan bayi. Pada usia 6 bulan, bayi dinilai sudah memiliki metabolisme yang cukup dan sistem pencernaan yang baik, sehingga menurunkan resiko alergi.

MPASI menyediakan nutrisi tambahan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi yang sedang berkembang. MPASI sebaiknya dibuat dalam bentuk pure atau bubur susu, agar mudah dicerna oleh bayi. Terdapat banyak MPASI yang tersedia di pasaran dalam bentuk instan. Namun akan lebih baik jika ibu-ibu membuat MPASI sendiri dirumah, karena kandungan gizinya lebih terjamin.

 MPASI menggunakan beras merah

Makanan apa saja yang baik untuk MPASI?

Pemberian MPASI lebih baik secara bertahap, dimulai dari makanan berkonsistensi rendah hingga kental, kemudian beralih ke makanan yang lembut dan sedikit bertekstur, sampai makanan padat.

Sereal bayi yang dicampur air atau ASI bisa diberikan sebagai tahap awal pengenalan MPASI, cukup dengan 1-2 sendok makan. Atau makanan lain yang kaya akan zat besi, yaitu puree atau buah-buahan yang dilumatkan. Jika bayi sudah terbiasa dengan puree, tahap selanjutnya bisa memberikan daging dan sayuran yang dihaluskan.

Beberapa makanan yang bisa diberikan ibu pada awal pengenalan MPASI antara lain:

Puree/ buah-buah tumbuk

Buah-buahan dicuci dulu, kemudian bisa dengan dikerok, ataupun di blender. Buah yang bagus untuk MPASI antara lain, pisang, apel, jeruk, alpukat dan lain-lain.

Puree sayur-sayuran

Banyak sayur-sayuran yang bisa digunakan sebagai MPASI, antara lain jagung, brokoli, bayam dan lain-lain. Cucilah sayur terlebih dahulu, kemudian sayur bisa dengan direbus atau dikukus, sebelum kemudian ditumbuk atau diblender dan siap disajikan untuk bayi.

Bubur atau biskuit bayi yang dihaluskan

Bubur atau biskuit bayi, banyak terdapat di toko ataupun supermarket terdekat, pilihlah produk yang bebas gluten, karena bisa memicu alergi.

Open chat
1
Halo.. Chat saya untuk bantuan atau pemesanan.
Powered by