Bukti Minyak Kelapa Bisa Turunkan Gula Darah

Sumberorganik.id – Seiring perkembangan jaman, minyak kelapa tidak lagi dibuat secara tradisional. Dahulu banyak dijumpai ibu-ibu yang mengolah kelapa untuk dijadikan minyak kelapa. Minyak kelapa sering dijadikan sebagai minyak rambut oleh orang-orang jaman dulu, tapi sekarang minyak kelapa juga digunakan sebagai obat penurun gula darah.

Pada tahun 2009 sebuah majalah menerbitkan hasil penelitian tentang manfaat minyak kelapa untuk penderita diabetes. Minyak kelapa mengandung trigliserida tingkat menengah atau bisa disebut Medium-chain triglycerides (MCT). Selain meningkatkan kemampuan kognitif, MCT dalam minyak kelapa juga membantu menjaga gula darah tetap stabil.

MCT yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat membantu meningkatkan toleransi tubuh terhadap glukosa. Hal ini berarti, MCT dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproses gula menjadi energi yang bisa digunakan dengan efek samping yang lebih sedikit.

Resistensi insulin adalah kondisi di mana tubuh memproduksi insulin tetapi tidak bisa menggunakannya dengan benar. Resistensi insulin dapat menyebabkan peningkatan gula darah dan resiko diabetes tipe 2 karena tubuh tidak bisa menyerap glukosa tanpa bantuan insulin. Sebuah penelitian menemukan bahwa menambahkan MCT dari minyak kelapa dalam diet membuat tubuh mengalami penurunan sensitivitas insulin. Hal ini juga mengakibatkan lemak yang menumpuk di perut akan berkurang dan tubuh tidak akan mengalami resistensi insulin.

Bukti Minyak Kelapa Turunkan Gula Darah

Minyak kelapa mengandung lebih dari 85 persen minyak jenuh. Menurut The American Diabetes Association, beberapa studi sedang meneliti hubungan antara jumlah lemak jenuh dalam makanan dengan tingkat gula darah. Ternyata, ditemukan bahwa lemak jenuh menyebabkan tubuh mengalami peningkatan resiko penyakit jantung daripada risiko diabetes. The American Diabetes Association menyarankan agar Anda tidak mengonsumsi lebih dari 10 persen lemak jenuh dari total konsumsi kalori harian untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Menambahkan minyak kelapa pada masakan, akan membuat masakan Anda kaya akan rasa. Minyak kelapa akan memberikan rasa gurih kepada sayuran pahit seperti pare. Anda juga bisa menambahkan minyak kelapa untuk tumisan bawang merah dan bawang putih yang akan menambah aroma harum. Selain itu, meskipun minyak kelapa mengandung lemak jenuh, mengonsumsi 1 hingga 2 sendok makan minyak kelapa dalam sehari tidak akan menyebabkan kesehatan Anda terganggu.

LAITCO merupakan salah satu merk minyak kelapa yang diolah tanpa pemanas, hasilnya sangat murni dan soal rasa enak dan tidak tengik

Gula Darah Anda Tinggi? Atasi dengan 5 Langkah Jitu Ini

Sumber organik– Mempertahankan gula darah normal itu tidak melulu harus menjauhi makanan manis atau pantangan lainnya. Lalu, bagaimana cara menurunkan gula darah yang mudah dan tidak bikin stres?

Langkah Jitu Menurunkan Gula Darah Anda

1. Rajin memantau kadar gula darah
Salah satu kunci terpentingnya adalah cek gula darah Anda secara rutin. Tak hanya sekadar mengukur, tapi jangan lupa juga dicatat supaya Anda bisa memantau perubahannya setiap hari.

Perhatikan juga gejala-gejala diabetes yang mungkin Anda alami seperti gampang haus, mulut terasa kering, dan sering buang air kecil.

2. Atur pola makan


Gula darah tinggi umumnya disebabkan oleh jenis makanan Anda sehari-hari. Mulai dari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, indeks glikemik tinggi, atau kurang serat.

Maka itu, yuk, atur lagi pola makan Anda. Salah satu contohnya dengan mengganti nasi putih dengan Beras Coklat yang indeks glikemiknya lebih rendah.

Jual Beras Coklat Organik

3. Olahraga rutin


Tidak lengkap rasanya bila Anda sudah mengatur pola makan sebaik mungkin, tapi mengabaikan olahraga. Jangan salah, olahraga termasuk cara menurunkan gula darah yang ampuh, lho!

Olahraga dapat membantu meningkatkan kontraksi otot dan mengubah gula darah menjadi energi. Tetap bergerak aktif juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga membuat gula darah Anda tetap stabil.

4. Hindari stres
Tak bisa dipungkiri bahwa kadar gula yang tinggi sering kali bikin kita jadi stres dan frustasi. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa semakin Anda stres, gula darah Anda justru makin meningkat, lho!

Cobalah untuk pergi jalan-jalan, mendengarkan musik, atau sekadar latihan pernapasan untuk menghalau stres. Lambat laun, kadar gula darah Anda akan tetap stabil setiap hari.

5. Tidur cukup
Kurang tidur ternyata juga dapat menaikkan gula darah dan mengurangi sensitivitas insulin. Bukan cuma berisiko memicu diabetes, hal ini juga bisa bikin Anda cepat gemuk.

Dengan tidur minimal 7-8 jam setiap malam, tubuh Anda akan terasa lebih bugar dan terhindar dari risiko diabetes.

Gula kekinian dan sehat ya gula semut

Gula Kekinian yaaa.. Gula Semut

Gula semut merupakan gula dengan segudang manfaat yang bentuknya mirip dengan rumah semut yang bersarang di tanah. Biasanya orang mengenal dengan gula merah versi bubuk yang tanpa dicetak dan sering pula disebut sebagai gula kristal karena teksturnya berbutir-butir. Bahan dasar untuk membuat gula semut adalah nira dari pohon kelapa atau pohon aren yang termasuk kedalam tumbuhan palmae (palm), sehingga gula semut juga sering disebut sebagai palm sugar atau palm zuiker.

Dibanding dengan gula lainnya, gula semut mempunyai keistimewaan diantaranya adalah memiliki rasa dan aroma khas yang berasal dari bahan pembuatnya, yaitu nira. Gula semut tidak mengandung bahan pengawet, pewarna atau bahan kimia lainnya sehingga aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Bahaya Gula Putih Biasa

Miriam Vos, MD, dan koleganya dari Atlanta Emory University meneliti kaitan antara tingginya asupan gula tambahan pada orang-orang Amerika dan kontribusinya pada tingginya kolesterol. Berdasarkan penelitian tersebut juga memunculkan pemikiran dalam masyarakat bahwa mengonsumsi gula mempunyai dampak yang berbahaya bagi kesehatan. Di masyarakat luas selama ini dikenal apabila mengonsumsi gula secara berlebih identik dengan kegemukan, diabetes dan penyakit kardiovakular. Tetapi, riset terbaru membuktikan bahwa, terlalu banyak mengonsumsi gula ternyata mempengaruhi kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh. Dengan adanya riset baru ini banyak masyarakat cemas dalam menggunakan gula sehingga membatasi dalam mengonsumsi makanan dan minuman yang manis. Sedangkan makanan dan minuman yang kurang gula atau bahkan tanpa gula akan terasa hambar. Namun permasalahan ini akan hilang dengan mengonsumsi gula semut yang mempunyai segudang manfaat.

Segudang manfaat gula semut diantaranya:

  • mencegah diabetes
  • menjaga kadar kolesterol
  • menjaga kesehatan pencernaan
  • menjaga kesehatan saraf dan fungsi otot
  • mengurangi kemungkinan osteoporosis

Dari segudang manfaat tersebut gula semut sangat cocok dikonsumsi pada penderita kolesterol tinggi. Gula semut dari bahan alami cocok digunakan oleh penderita kolesterol tinggi karena gula semut terbuat dari bahan alami yang dalam pembuatannya tidak ditambahkan pengawet dan tanpa bahan-bahan berbahaya untuk tubuh.

Meskipun mengonsumsi gula semut para penderita kolesterol tinggi tidak perlu khawatir karena gula semut ini tidak akan menyebabkan tekanan kolesterol naik, sehingga tetap santai dalam menikmati makanan atau minuman manis dengan rasa dan aroma yang khas dari nira.

Manfaat air Beras Hitam

Air Beras Hitam – Halo sahabat .. ada sedikit cerita mengenai Beras Hitam. Kini kita sudah tidak asing lagi dengan beras hitam. Beras hitam sudah lumayan banyak di konsumsi oleh masyarakat khusus nya di Indonesia ini. Beras ini sangat banyak kandungan manfaat nya. Tapi ada cerita dari salah satu pelanggan Eka Farm terkait tentang beras hitam ini, Beliau mengakui kandungan beras hitam sangat baik untuk di konsumsi, karena bermanfaat untuk kesehatan. Tetapi beliau sangat kesulitan untuk mengkonsumsi nya. Dikarenakan di rumah nya hanya beliau yang mau untuk makan beras hitam.

Ada banyak hal yang membuat beras hitam organik dikatakan lebih baik dari beras putih, antara lain karena kandungan zat gizi yang banyak ditemukan pada lapisan terluar beras tersebut seperti serat, vitamin B1, B3, B6, vitamin E, mangan, phosphor, zat besi, antioksidan anthocyanin (yang memberikan warna ungu kehitaman pada beras), asam amino dan asam lemak esensial.

Dari cerita pelanggan kita itu munculah ide kita untuk membagi info tips agar beras hitam bisa di konsumsi dengan mudah dan tanpa ribet. Tahukah Anda sekarang air beras hitam juga baik untuk di konsumsi karena ada manfaat nya yang terkandung di dalam air nya itu.

Manfaat Air Beras Hitam

Air Tajin Beras Hitam namanya. Bukan hanya beras nya saja yang kaya akan manfaat nya. Air dari rebusan beras hitam itu pun menyimpan banyak zat dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

Kandungan yang ada dalam air tajin di antaranya adalah enzim, mineral, antioksidan, serta vitamin B dan E. Selain itu ada mikro selenium yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Sahabat tak perlu khawatir akan ribet nya mendapatkan air beras hitam tersebut. Dikarenakan kini sudah ada bubuk beras hitam. Bubuk Beras Hitam apa itu? Jadi beras Hitam itu melalui proses tumbuk dan sangria, jadi setelah di sangrai akan mendapatkan bubuk dari beras hitam tersebut. Bubuk beras hitam itu lebih biasa kita sebut Blackfit.

Tepung Beras Hitam yang kaya akan manfaat nya

Nah sekarang simak cara mengkonsumsi Blackfit ini. Berikut cara nya :

  1. Langkah awal adalah dengan terlebih dahulu merebus air matang hingga menjadi hangat
  2. Lalu tuangkan ke dalam gelas atau cangkir tertentu
  3. Kemudian tambahkanlah 1 sdt sereal black fit dan aduk hingga merata.
  4. Aduk hingga tercampur secara merata. Minuman dari tepung beras hitam sereal black fit pun siap untuk anda minum menggantikan kopi.

Sangat mudah bukan? Untuk mendapatkan blackfit itu bisa di cek di Tepung Beras Hitam Black Fit

Maag bisa berakibat kematian

Gejala dan Pengertian Maag

Maag atau dalam istilah disebut gastroesophageal disease (GERD) adalah penyakit pencernaan kronis. Maag itu diidentifikasikan dengan kondisi nyeri pada lambung, usus halus, atau kerongkongan. Selain itu, maag juga disertai dengan gejala naiknya asam lambung ke esofagus atau kerongkongan, yang merupakan saluran makanan. Gejala Maag akut adalah:

  • Heatburn atau nyeri pada ulu hati dan rasa terbakar pada dada.
  • Mual.
  • Sulit menelan.
  • Kembung.
  • Sakit tenggorokan.
  • Regurgitasi atau naiknya makanan dari kerongkongan atau lambung tanpa disertai oleh rasa mual.
  • Sering bersendawa.
  • Muntah.
  • Nafsu makan menurun.
  • Buang air besar yang disertai dengan darah akibat infeksi lambung.

Kalau gejala di atas kamu alami paling sedikit 2 kali dalam seminggu atau sudah mengganggu aktivitas sehari-hari, maka segera hubungi dokter. Kebanyakan orang bisa mengatasi gejala maag dengan menerapkan gaya hidup sehat serta mengonsumsi obat. Namun jika maag sudah akut atau kronis, mampu membahayakan nyawa penderita.

Penyebab Maag Akut

Maag akut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Tukak lambung.
  • Efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen dan aspirin.
  • Infeksi bakteri Helicobacter pylori.
  • Masalah psikologis, misalnya stres.
  • Obesitas.
  • Mengonsumsi makanan berminyak, berlemak, dan pedas.
  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein, soda, coklat, dan minuman beralkohol.
  • Merokok.
  • Konstipasi.

Selain itu, maag akut juga bisa disebabkan oleh naiknya asam lambung ke esofagus. Ketika Kamu menelan makanan, sfingter esofagus di bagian bawah akan menjadi rileks, supaya makanan dan cairan bisa masuk ke dalam perut sebelum tertutup lagi. Namun kalau sfingter melemah, maka asam lambung bisa naik ke esofagus dan menyebabkan heartburn. Pada beberapa kasus, kondisi ini bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jika asam lambung terlalu sering naik, maka dinding esofagus bisa teriritasi dan menyebabkan radang atau yang biasa disebut esofagitis. Jika dibiarkan begitu saja, peradangan tersebut bisa merusak dinding esofagus dan mengakibatkan komplikasi, seperti perdarahan dan mengecilnya saluran esofagus yang merupakan kondisi precancerous. Kondisi inilah yang disebut maag akut.

Kondisi-kondisi lain, seperti komplikasi, juga bisa menyebabkan maag. Contoh penyakit yang bisa menyebabkan sakit maag adalah radang pankreas, batu empedu, iskemia usus, penyumbatan usus, celiac, hernia hiatus, dan kanker lambung.

Faktor Risiko

Kondisi-kondisi yang bisa meningkatkann risiko terkena maag adalah:

  • Obesitas.
  • Kehamilan.
  • Merokok.
  • Mulut kering.
  • Asma.
  • Diabetes.
  • Diet yang terlalu berlebihan.
  • Gangguan jaringan ikat, seperti skleroderma.
Komplikasi

Jika dibiarkan begitu saja tanpa pengobatan yang tepat, maag akut bisa menyebabkan beberapa komplikasi, seperti:

  • Esofagus Barrett, yaitu paparan asam lambung di kerongkongan secara terus-menerus. Namun pada kasus ini, sel-sel yang terdapat di lapisan bagian bawah kerongkongan berubah menjadi sel kanker. Perubahan sel tersebut berisiko mengakibatkan kanker kerongkongan.
  • Penyempitan esofagus. Penyempitan atau striktur esofagus bisa saja terjadi pada seseorang yang sering mengalami sakit maag akibat refluks asam. Asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat menimbulkan jaringan parut di kerongkongan dan mempersempit saluran tersebut. Gejala yang bisa muncul berupa sulit menelan dan nyeri dada.
  • Stenosis Pilorus. Kondisi ini disebabkan oleh paparan asam lambung pada area pilorus dalam jangka panjang. Paparan menimbulkan jaringan parut dan mempersempit pilorus. Akibatnya, makanan menjadi tidak tercerna dengan baik. Selain itu, muntah-muntah juga bisa dialami oleh penderita stenosis pilorus.

Selain komplikasi di atas, maag akut juga bisa menyebabkan beberapa penyakit dan kondisi kronis lainnya, seperti:

  • Hepatitis A.
  • Daya tahan tubuh yang sangat lemah.
  • Sembelit dan perdarahan.
  • Kanker lambung.
Pencegahan Maag Akut

Kalau Kamu sudah memiliki penyakit maag, maka sudah saatnya untuk melakukan pencegahan supaya tidak berkembang menjadi maag akut. Pencegahannya sangat mudah, Kamu hanya perlu mengubah gaya hidup dan pola makan sehat. Konsumsilah makanan sesuai dengan kebutuhan. Jenisnya bisa beragam, tapi harus makanan yang sehat. Jadwal makan juga harus teratur.

Sebaiknya, jangan hanya makan ketika sudah sangat lapar. Membiarkan lambung kosong akan membangkitkan asam lambung yang di produksi jadi berlebihan. Asam lambung inilah yang akan merusak dinding lambung. Jangan pula langsung makan sehabis melakukan aktivitas berat tanpa istirahat.

Seharusnya waktu makan diatur dengan waktu yang sama. Di antara waktu itu, boleh mengonsumsi camilan sebagai makanan selingan. Pilihlah kudapan sehat, seperti buah-buahan, agar-agar, atau kacang-kacangan. Sewaktu makan, jangan lupa mengunyah makanan dengan baik dan tidak terburu-buru, untuk merasakan cita rasa makanan itu.

Dianjurkan pula untuk tidak langsung melakukan aktivitas berat setelah makan, karena dapat mengganggu proses pencernaan. Lebih dianjurkan supaya tidak langsung duduk sesudah makan, tetapi melakukan aktivitas ringan.

Selain itu, makanan harus lengkap mengandung 50-60 persen bahan makan sumber karbohidrat, 10-15 persen sumber protein, dan sekitar 2-30 persen berisi sumber lemak. Perlu pula dihindari makanan yang merangsang lambung, seperti rasa pedas, asam, kopi, minuman bersoda, dan mengandung alkohol. Cukup istirahat juga penting sebagai upaya mengelola stres, yang merupakan salah satu pemicu meningkatnya jumlah produk asam lambung.

Maag pada umumnya memang bukan penyakit yang membahayakan jiwa. Namun jika dibiarkan begitu saja, maag biasa berkembang menjadi maag akut. Maag akut inilah yang bisa membahayakan nyawa penderitanya. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah jalani gaya hidup sehat dengan menerapkan pola makan teratur!

Open chat
1
Halo.. Chat saya untuk bantuan atau pemesanan.
Powered by